Identifikasi target pasar adalah merupakan langkah awal yg dibutuhkan dalam perencanaan dan pengembangan strategi pemasaran. Dalam situasi di mana konsumen menghadapi banyak pilihan, maka kesuksesan pemasaran produk akan banyak ditentukan oleh kesesuaian produk dengan kebutuhan konsumen pada segmen tertentu. Dalam pasar kosmetik di
STRATEGI SEGMENTASI PASAR
Dasar Pemikiran segmentasi
Segmentasi Pasar Versus Agregasi Pasar
Pada perkembangan awal, kegiatan pemasaran diarahkan utk mengenalkan satu jenis produk utk keseluruhan pasar. Cara semacam ini dikenal dgn agregasi pasar, karena tdk membeda-bedakna diantara berbagai kelompok konsumen. Sedangkan segmentasi pasar membutuhkan pendekatan yg terpecah-pecah utk melayani pasar. Artinya, perusahaan menawarkan beberapa alternative produk utk segmen tertentu ; memisahkan kegiatan pengiklan,promosi penjualan, dan bahkan penetapan harga yg berbeda utk kelomopok konsumen yg berbeda.
Sedangkan manfaat utma yg diperoleh dengan strategi segmentasi pasar secara umum dapat dibagi kedalam
- Segmentasi pasar dapat memperbaiki proses alokasi sumberdaya pemasran yg dimiliki perusahaan. Dengan jumlah dana promosi yg sama dpt meningkatkan penjualan dan keuntungan jika dialokasikan pada segmen pasar yg tertentu yg sesuai.
- Segmentasi memungkinkan pemasaran melakukan proses identifikasi kesempatan pemasaran dengan cara lebih baik.
- Segmentasi memberi arah yg jelas bagi perencanaan kampanye pemasaran utk kelompok konsumen yg menjadi sasaran pasar.
- Segmentasi juga menjadi dara bagi upaya menempatkan produk dalam persaingan.
- Segmentasi pasar memberikan memberikan arah pengembangan produk perusahan.
BEBERAPA TIPE STRATEGI SEGMENTASI
Tiga alternative atau tipe strategi segmentasi pasar yg dapt dipergunakan oleh para pemasar adalah: concentrated segmentation, differentiated segmentation, dan undifferentiated segmentation.
v Concentrated Segmentation
Segmentasi yg terkonsentrasi dilakukan dengan mengarahkan satu jenis produk untuk satu segmen pasar. Itu sebabnya segmentasi terkonsentrasi sering juga terkenal dengan strategi ceruk pasar (niche market strategy).
v Differentiated Segmentation
Dalam strategi segmentasi yg dilakukan pembedaan (differentiated segmentation),perusahaan memperkenalkan produk yg berbeda utk beberapa segmen pasar.
v Undifferentiated segmentation
Strategi segmentasi yg tidak mengharuskan pembedaan ini terjadi apabila perusahaan mengarahkan produk yg sama utk beberapa segmen pasar secara simultan
BEBERAPA DIMENSI DALAM MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR
v Segmentasi Geografis
Segmentasi geografis dilakukan dgn cara mengelompokkan konsumen yg tersebar di berbagai wilayah ke dalam kelompok konsumen tertentu atas dasar unit geografis sperti misalnya propinsi,kabupaten,
v Segmentasi Demografis
Segmentasi demografis dilakukan dengan cara mengelompokan konsumen atas dasar variable demografis seperti misalnya umur,jenis kelamin,jumlah anggota keluarga,dll.
v Dimensi Segmentasi Pasar Organisasional
Pasar organisasional dapat disegmentasi dengan menggunakan sebagian variable yg sama seprti halnya pasar konsumen akhir. Artinya pembeli organisasional dapat dikelompokkan atas dasar geografis atau manfaat yg diperoleh.
KRITERIA UNTUK MELAKUKAN SEGMENTASI PASAR
Idealnya, segmen pasar yg dipilih untuk kemudian dipergunakan sbg target pasar memenuhi beberapa criteria sbg berikut:
· Kesamaan di dalam (homogeneous within). Artinya, konsumen pada segmen pasar yg dipilih menunjukkan kemungkinan yg sama dalam memberikan respon terhadap rangsangan bauran pemasaran
· Adanya perbedaan antara diantara konsumen (heterogeneous between). Artinya,konsumen dalam segmen yg berbeda hendaknnya dilihat sbg konsumen yg berbeda hendaknya dilihat sbg konsumen yg berbeda atas dasar kemungkinan respon yg diberikan dari rangsangan bauran pemasaran yg diberikan.
· Substantial. Artinya, segmen pasar yg dipilih hendaknya cukup besar dan diperkiran dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahan.
· Operasioanal. Artinya, dimensi yg dipergunakan utk melakukan segmentasi pasar benar-benar bermanfaat dalam mengidentifikasi konsumen dan variable bauran pemasarn.
PENENTUAN POSISI PRODUK DALAM PERSAINGAN
Penantuan posisi produk (product positioning) yg dimaksudkan dalam hal ini adalah menciptakan image produk dalam benak konsumen relative terhadap produk pesaing. Secara umum. Mercedes dan Cadillac adalah perusahaan otomotif yg menempatkan diri sbg produsen kendaraan mewah, sedang BMW dan Porsche menekankan pada kinerja. Satu contoh penempatan posisi produk yg pada akhirnya juga dipergunakan sebagai cirri atau identitas perusahaah dilakukan oleh Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).
v Strategi Positining
Manajer Pemasaran dapat menggunakan beberapa strategi positioning antara lain: menekankan pada atribut produk, manfaat produk, kelompok pengguna, atau bahkan menyerang pesaing. Produsen sepeda motor Honda misalnya, menempatkan produknya sbg kendaraan yg hemat bahan baker dan harga purna jual tinggi. Sedangkan Johnson & Johnson menggunakan kelompok pengguna sbg dasar utk positioning. Pangsa pasar utk baby shampoo dpt ditingkat dgn cara menempatkan produk shmpoo tdk hanya trbatas bagi anak-anak saja, tetapi juga utk masyarakat dewasa dan bahkan orang tua.
obat alami kondiloma akuminata
BalasHapusobat alami kutil di kemaluan
obat untuk kutil di kemaluan kutil di daerah kemaluan
obat kutil pada kelamin kumpulan
obat kutil di kemaluan
obat virus condyloma
obat tradisional condyloma
obat salep condyloma
www.anabaptistblog.blogspot.com
Anodizing Titanium: Home - TITNIA.com
BalasHapusThis is the perfect ironing rod is titanium expensive for any copper project! The Anodizing titanium rods are titanium ranger used to 4x8 sheet metal prices near me create an titanium mountain bikes alloy for a wide range ford focus titanium of metals.